Breaking News
Saturday 21 August 2010

Tips mengamankan alamat E-mail dari hacker

Seminggu sebelum postingan ini di tulis saya mendapat SMS dari sahabat, isinya seperti ini "bang gmail sy di hack org (username + password dicuri) blog, FB, adsense, bahkan paypal saya tidak bisa di akses. kerugian $100 lebih, da solusi gak?".  Nah bagaimana perasaan sobat setelah membaca isi sms di atas? ? ? dan bagaimana juga bila itu terjadi pada sobat ? ? ?


sebagai pemula, pengetahuan saya masih kurang tentang dunia hacker, akan tetapi belajar jadi hacker itu perlu asal dengan tujuan untuk menangkal nya saja. Eiiiit . . . tunggu dulu postingan ini bukan membahas cara menjadi hacker, tapi hanya ingin berbagi tips cara mengamankan alamat E-mail dari hacker.  teruskan membacanya ya ! ! !


Email merupakan salah satu sarana berkomunikasi via internet. Bahkan dengan email dapat mengirim data dalam bentuk file, foto dan lain-lain. Kalau data yang terkirim hanya data biasa mungkin tak perlu risau. Namun berbalik keadaannya bila ada data rahasia yang harus dikirim via email.


email
Karena itu saat membuka email sebaiknya berhati-hati memperhitungkan aspek keamanan email terutama jika berada ditempat umum seperti warnet atau kantor. Kadang tanpa disadari password email masih kondisi on saat meninggalkan warnet atau kantor.
Keteledoran bisa mengakibatkan password diketahui orang lain baik yang berpengalaman maupun yang tak berpengalaman. Biasanya hacker/cracker yang berhasil mendapatkan password dan masuk ke email korban akan membaca email pribadi, menghapus email, mengganti setting, mengirim email jahat, bahkan mengganti password dan juga bisa mendelete alamat email untuk selama-lamanya. Antisipasi dengan mengamankan email Anda:

1. Hati-hati membuka email di tempat umum.
Jika membuka email dari kantor, warnet, rumah teman, rumah saudara, tetangga, dan sebagainya yang bukan komputer pribadi sebaiknya tak mengetik langsung passwod melalui keyboard. Terkadang orang yang dikenal maupun tidak bisa memasang dan menginstall program mata-mata yang dapat mengetahui apa saja yang Anda ketik di keyboard dan mengirimkannya ke email yang telah di set.
Cara mengatasinya adalah bisa dengan program mouse keyboard yang ada di windows XP atau bisa dipasang atau membawa sendiri dari disket atau cd atau dari mouse keyboard online di internet. Caranya dengan mengklik tombol-tombol yang tersedia pada program tersebut yang ditujukan ke form isian password.
Cara lainnya dengan copy paste dari tulisan yang ada atau yang telah disiapkan. Jangan lupa mengacak password agar jangan sampai terbaca dan dapat dipahami orang lain yang membacanya. Buat website atau blog sederhana yang berisi sandi-sandi yang hanya Anda saja yang memahaminya. Lalu copy paste saja dari sandi-sandi yang akan membentuk password alamat email Anda.

2. Gunakan password yang sulit ditebak.
Jangan gunakan password yang pendek dan merupakan kata-kata umum yang terdapat pada kamus, baik bahasa Indonesia maupun Inggris. Biasanya hacker email akan mencoba satu persatu kata-kata yang ada di kamus untuk membuka email.
Sebaiknya gunakan password yang terdiri dari enam karakter atau lebih. Padukan huruf dan angka. Lebih panjang lebih baik. Usahakan jangan sampai lupa dengan password sendiri. Kemudian selipkan atau masukkan karakter-karakter yang bukan huruf atau angka ke dalam password. Bisa juga dengan mengombinasikan huruf besar dan kecil pada password.

3.Waspada password email di komputer pribadi.
Ingat, walaupun komputer pribadi ada di rumah sendiri, namun belum menjamin keamanan password email. Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara hacker/crakcer menembus password email. Gunakan program antivirus atau antispyware yang sudah di-update tak lebih dari dua hingga tiga bulan.
Selalu menjalankan program firewall ketika berselancar di internet untuk memblokir koneksi-koneksi yang tak diinginkan baik dari dalam komputer maupun dari luar yang biasanya bertujuan buruk. Beberapa program antivirus yang dapat digunakan adalah AVG antivirus, Ad-Aware antispyware dan McAfee firewall. Sering-seringlah menjalankan aplikasi tersebut dengan update definition dan patch untuk mengeliminasi segala kemungkinan masuknya virus dan spyware yang tak dikehendaki.

4. Ganti password secara berkala.
Ganti password email secara berkala, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali tergantung kebutuhan, dengan mengganti secara berkala lebih mempersempit kemungkinan usaha hacker/cracker men-take over password email. Saat mengganti password sebaiknya diingat atau dicatat agar mudah mengingatkan password email yang terakhir.

5. Gunakan password yang berbeda.
Bila memiliki email address lebih dari satu (umumnya dari ISP dan free mail), gunakan password berbeda. Dengan demikian bila salah satu email address terambil atau jatuh ke tangan hacker Anda masih memiliki email address yang lain.

6. Jangan sembarangan memberikan email address.
Walau memiliki beberapa email address, jangan sembarangan memberikan email address. Hanya mailing list tertentu yang benar-benar bermanfaat yang bisa dikuti, jangan pula sembarang memberikan email address ke orang yang belum dikenal dengan baik.

7. Login pada website yang benar.
Saat berinternet dan membuka browser perhatikan apakah alamat untuk login ke dalam email sudah benar. Jangan sampai salah memasukkan passwod di website yang sengaja dibuat mirip untuk menjebak Anda. Pahami betul sistem path penamaan address url yang biasa dilewati. Jika curiga sebaiknya jangan login dan tanyakan ke orang lain yang lebih paham.

8. Cari informasi terkini.
Tak ada salahnya rajin mencari informasi perkembangan email hacking di situs atau mailing list. Dari waktu ke waktu seiring berkembangnya teknologi para hacker akan terus berusaha menemukan dan menyempurnakan tehnik jahatnya untuk membuat sengsara karena kehilangan akses masuk ke email sendiri.

9. Langkah-langkah saat email diambil hacker.
Jika telah kehilangan akses untuk masuk ke dalam alamat email pribadi, gunakan tehnik recovery dengan memasukkan data-data yang ditanyakan serta mengklik link-link yang diperintahkan penyedia layanan email. Jika lupa dengan data tersebut atau data telah diubah oleh hacker, lupakan alamat email lama dan segera buat alamat email baru. Jangan lupa untuk belajar dari kesalahan yang sudah terjadi.
sumber Artikel dari SINI

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 comments:

Post a Comment

 
Klik Info Lainnya